PELAJAR SMP dan SMA MENGIKUTI BUDAYA KEBARAT-BARATAN

FATHUL ILMI

PPB A 2009 (0901103)

PENDAHULUAN

Sekarang banyak pelajar SMP dan SMA yang mengenakan seragam sekolah dengan budaya kebarat-baratan atau mengikuti gaya selebritis, biasanya mereka mempunyai gank atau kelompok temannya. Tidak sedikit pelajar SMP dan SMA bertujuan untuk menampilkan tubuhnya, atau hanya untuk dipandang orang lain karena merasa beda dari yang lain. Mereka seperti tidak merasa sebagai pelajar yang bertujuan untuk menunutut ilmu, namun sayangnya tata tertib disekolahnya itu tidak diperbolehkan mengikuti gaya selebriti, dan tidak boleh mengenakan pakaian seragam sekolah yang membentuk tubuh. Kebanyakan pelajar SMP dan SMA di kota yang mengikuti gaya selebritis atau kebarat-baratan. Karena pelajar kota dekat dengan tempat perbelanjaan (mall) dan tempat-tempat nongkrong. Oleh sebab itu diantara mereka awalnya hanya diajak temannya kemudian timbul rasa ingin mencoba, sangat tidak pantas untuk para pelajar yang bertujuan seperti itu.

1

ISI

Faktor Penyebab

Salah satu terjadinya pelajar SMP dan SMA mengikuti gaya kebarat-baratan atau mengikuti gaya selebritis, berawal dari seringnya menonoton televisi, menonoton konser musik, dan mononton film. Kemudian timbulah rasa untuk mengikuti gaya itu karena menurut dia gaya itu pantas buat seorang dia, namun dia tidak merasa bahwa dia seorang pelajar yag tugasnya menunutut ilmu. Sebetulnya boleh saja mengikuti gaya selebritis, namun hanya bisa diluar sekolah tidak dilingkungan sekolah.

Menurut Hidayatullah.com–Pergaulan anak harus menjadi perhatian orangtua untuk mencegah terjadinya segala kemungkinan yang tidak diinginkan akibat gaya pergaulan yang tidak sesuai dengan norma masyarakat maupun ajaran agama.

Akibat

Akibat mengikuti gaya kebarat-baratan atau mengikuti gaya selebritis, banyak pelajar SMP dan SMA yang dikeluarkan dari sekolahnya, karena tidak sedikit juga sekolah yang menerapkan peraruran yang sangat ketat dan tidak meperbolehkan mngenakan pakaian seragam yang membentuk tubuh.

2

Solusi

Dalam kasus ini guru BK yang harus berperan aktif dalam membenahi moral dan akhlak pelajar, misalnya diberi penyuluhan agama, dan mengembangkan pola pikirnya kearah yang positif, supaya pelajar itu mengerti bahwa dia tidak pantas untuk mengikuti gaya selebriti di lingkungan sekolah.

Untuk mengatasi masalah ini, Hal tersebut disampaikan  dr. Caroline, MSc, SpKj, salah seorang psikiater di Jayapura, menanggapi perkembangan gaya hidup anak muda sekarang ini yang banyak dipengaruhi budaya Barat yang tidak mendidik.

“Anak-anak, termasuk yang sudah memasuki usia remaja, merupakan fase pertumbuhan yang cukup kompleks karena pada saat tersebut aspek biologis, psikologis, maupun emosional mereka sedang berada dalam puncak perkembangan,” ujarnya.
Pada saat tersebut, anak dan remaja mudah sekali dipengaruhi lingkungan sekitar. Pengaruh itu bisa berasal dari anggota keluarga selain orangtua, teman-teman sekolah, teman bermain maupun masyarakat sekitar melalui berbagai media, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut ia, pengaruh tersebut dapat berupa hal yang positif maupun negatif. Oleh sebab itu, penting bagi para orangtua memperhatikan gaya pergaulan anak-anak dengan senantiasa membentengi mereka dengan kasih sayang serta pemahaman agama dan pendidikan moral secara optimal.

3

Kesimpulan

Maraknya jaman yang semakin modern tingkah laku negatif akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh pelajar merupakan sebuah hal yang tidak bermanfat. Orang tua dan guru seharusnya harus bisa berkomunikasi dengan anak muridnya, tidak sedikit pelajar yang mengatakan kenapa dia menggikuti gaya selebritis karena tidak pernah dilarang orang tua dan gur. Kasus ini pada umumnya pelajar sangat merugikan dan perlu upaya untuk mencari jalan keluar dari masalah ini dan guru BK harus ikut berperan dalam masalah ini . Perkembangan globalisasi mempunyai korelasi yang erat dengan meningkatnya perilaku negatif yang dilakukan oleh pelajar

Daftar Pustaka

http://Duniapsikologi.dagdigdug.com

http://binacc.blogspot.com

http://hidayatullah.com

http://one.indoskripsi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: