MENGENAL KARAKTERISTIK ANAK INDIGO

Riana Ekawati S
0901408
PPB A 2009

PENDAHULUAN
Anak indigo merupakan generasi baru yang terlahir didunia ini. Anak ini memiliki karakteristik yang unik yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Istilah indigo ini mengindikasikan aura dalam warna kehidupan. Kata indigo sendiri diambil dari warna yaitu indigo, yang dikenal sebagai warna biru sampai violet. Indigo sendiri juga terkait dengan indera keenam yang terletak pada cakra mata ketiga yang menggambarkan intuisi dan kekuatan bathin yang luar biasa tajam diatas kemampuan orang kebanyakan. Banyak dari mereka memiliki kelebihan dengan bakat yang luar biasa atau secara akademis berprestasi. Anak yang mengalami indigo ini mampu menunjukan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba, serta tampak bijaksana untuk anak seusianya.

PENGENALAN KARAKTERISTIK
Sekarang ini sering kita dengar tentang anak indigo, bahkan tidak jarang kita temui anak-anak dengan kelebihan ini disekitar kita. Telah banyak ahli yabg meneliti mengenai karakteristik atau ciri sifat yang membedakan antara anak indigo dengan anak normal lain. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui tentang karakteristik dan perilaku seperti apa yang sering ditunjukan oleh anak indigo ini.
Anak indigo merupakan generasi baru yang terlahir didunia ini. Anak ini memiliki karakteristik yang unik yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Istilah indigo ini mengindikasikan aura dalam warna kehidupan. Kata indigo sendiri diambil dari nama warna yaitu indigo, yang dikenal sebagai warna yaitu indigo, yang dikenal sebagai warna biru sampai violet. Indigo sendiri juga terkait dengan indera keenam yang terletak pada cakra mata ketiga yang menggambarkan intuisi dan kekuatan bathin yang luar biasa tajam diatas kemampuan orang kebanyakan. Banyak dari mereka memiliki kelebihan dengan bakat yang luar biasa atau secara akademis berprestasi. Anak yang mengalami indigo ini mampu menunjukan empati yang sangat dalam dan mudah iba, serta tampak bijaksana untuk anak seusianya.
Anak indigo datang kedunia dengan berbagai misi. Kebanyakan dari mereka merupakan pendobrak suatu tatanan yang salah. Mereka bertugas meluruskan ketidakbenaran dan ketidaksesuaian yang terjadi disekelilingnya. Hal ini ditunjukan dengan perilaku mereka yang tidak patuh dan kesulitan dalam menjalankan dengan sistem yang ada, misalnya saja penolakan dan sikap kaku tehadap sistem pendidikan yang ada.
Jan Yordy seorang terapis yang menuliskan tentang anak indigo mencoba mengkategorikan karakteristik anak indigo yang sering ditemui :
– Memiliki keinginan yang kuat, mandiri dengan melakukan apa yang ada dipikirannya daripada mematuhi kehendak orangtua.
– Bijaksana dan memiliki tingkat kesadaran dan kebersamaan yang melebihi pengalamannya.
– Secara emosi, mereka dapat dengan mudahnya bereaksi sehingga tidak jarang mereka memiliki permasalahan dengan kecemasan, depresi atau stress.
Dalam menangani anak indigo ini yang perlu diperhatikan adalah bahwa mereka memiliki kesulitan dalam mengelola emosinya. Pada beberapa anak hal ini disebabkan karena permasalahan kecemasan, kemungkinan perilaku obsesif kompulsif atau kepanikan yang berlebih (panic attack). penyebab lain muncul karena mereka berusaha keras untuk belajar dan memahami cara yang masih tradisional atau kebiasaan rutin. Sehingga tidak jarang lagi bagi mereka akan memiliki self esteem yang rendah dan mudah menyerah dalam mengerjakan yang diberikan (tugas sekolah misalnya). Terkadang beberapa anak indigo menunjukan reaksi kemarahan, depresi, bahkan menyakiti diri sendiri yang terlebih yang tidak dapat dijelaskan secara logis bahkan menakutkan bagi orangtuanya.
Anak indigo memiliki getaran energi tinggi dengan pola yang menetap, yang kenudian ditunjukan dengan aura warna indigo pada tubuhnya. Getaran tertinggi ini menciptakan perbedaan terhadap fungsi tubuh dan otak pada anak indigo. Kebanyakan dari mereka berpikir dengan menggunakan otak kanan. Saat stress anak kemudian mengembangkan pengaturan dalam otak, yang mengenyampingkan pemikiran logis dan proses berpikir rasional, sehingga muncul reaksi emosional yang berlebih. Ada pula anak yang menunjukan dengan perilaku marah, kesedihan atau ketakutan yang mendalam bahkan kecemasan yang berlebih.

PENUTUP
Anak indigo adalah anak yang datang kedunia dengan berbagai misi salah satu misalnya yaitu meluruskan ketidakbenaran dan ketidaksesuaian yang terjadi disekelilingnya. Hal ini bisa ditunjukan denga perilaku yang tidak patuh dan kesulitan dalam menjalankan sistem yang ada salah satu karakteristik anak indigo diantaranya:
– memiliki keinginan yang kuat, mandiri dengan melakukan apa yang ada dipikirannya daripada mematuhi kehendak orangtua.
– bijaksana dan memiliki tingkat kesadarn dan kebesaran yang melebihi pengalamannya.
– secara emosi, mereka dapat dengan mudahnya bereaksi sehingga tidak jarang mereka memiliki permasalahan dengan kecemasann depresi atau stress.

REFERENSI
Ismira dewi ( kabar indonesia )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: