Game Online Menjamur! Apa Pengaruhnya bagi Siswa? Gema Muhammad Shidiq 0901126 Jurusan PPB/A

Di zaman globalisasi ini, teknologi sudah semakin berkembang. Segala hal yang kita lakukan dapat kita selesaikan dalam waktu yang singkat dengan bantuan teknologi seperti ini. Informasi pun sangat mudah didapatkan, kita tidak perlu lagi sulit- sulit mencari informasi dari buku-buku (meski sebenarnya kita belum sepenuhnya bisa meninggalkan peran buku) , hanya cukup dengan membuka internet kita dapat mengakses informasi apapun yang kita inginkan. Selain untuk mendapat informasi kita juga bisa menggunakan internet sebagai sarana hiburan. Kita dapat bermain game yang berbasis network atau yang disebut juga game online. Game online inilah yang akan saya bahas pada artikel ini, khususnya yang saya bahas disini adalah bagaimana pengaruh game online terhadap perkembangan perilaku peserta didik. Game online dapat berpengaruh positif dan juga dapat berpengaruh negatif terhadap perilaku peserta didik.

Beberapa pengaruh positif bagi perilaku peserta didik dari game online yaitu:

dengan game online peserta didik dapat menambah wawasan terhadap ilmu internet.
Hal ini saya rasakan sendiri,misalnya saja saat sebelum mengenal game online wawasan saya terhadap internet sangatlah terbatas bahkan saya masuk siswa yang mungkin bisa dikatakan gaptek, tapi setelah saya berkecimpung dengan dunia ini, wawasan saya terhadap internet bertambah.

kedua para peserta didik dapat menambah relasi
Hal ini disebabkan karena game online memiliki fasilitas chatting. Fasilitas chatting yang diberikan disini lebih mengasyikan dibanding dengan aplikasi lain yang memiliki fasilitas chatting seperti facebook, friendster, twitter, MIRC dan aplikasi lainnya, sebab dalam game online, kita menggunakan karakter yang ada pada game online untuk melakukan chatting ,itulah mungkin salah satu alasan mengapa banyak wanita juga yang begitu menyenangi game online.

Disamping beberapa pengaruh positif yang saya sebutkan diatas, game online juga memiliki pengaruh negatif bagi para peserta didik diantaranya yaitu:

game online butuh uang yang tidak sedikit.
Banyak sekali uang yang harus dikeluarkan agar karakter game online yang dimiliki para pemain/ user menjadi yang terbaik dan terkeren, sehingga sangat mungkin jika seorang peserta didik memakai uang iuran sekolahnya ataupun uang buku demi meningkatkan kualitas karakter game online yang ia miliki.

game online dapat meningkatkan kadar emosi dan agresivitas para peserta didik.
seseorang yang terlalu sering atau bahkan tidak pernah berhenti bermain game online cenderung kadar emosi dan agresivitasnya meningkat. Peserta didik pada khususnya cenderung akan sulit mengendalikan emosi mereka yang masih labil, mereka akan sulit untuk mengendalikan amarah dan cenderung akan mudah putus asa jika mereka mengalami kegagalan. Hal ini telah diteliti oleh seorang ilmuwan dari jepang bernama Akio Mori, seorang professor dari Tokyo’s Nihon University. Dia meneliti bahwa video game dapat mengakibatkan penurunan aktivitas gelombang otak depan yang memiliki peranan sangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga mereka cepat mengalami perubahan mood, seperti mudah marah, mengalami masalah dalam hubungan sosial, tidak konsentrasi, dan lain sebagainya.

game online dapat menghambat kemampuan peserta didik dalam menjalin hubungan sosial.
Seperti yang dikemukakan oleh Akio Mori bahwa salah satu pengaruh penurunan aktivitas gelombang otak depan yang disebabkan game online salah satunya adalah munculnya masalah dalam hubungan sosial. Masalah seperti ini akan menimbulkan suatu pengaruh yang signifikan khususnya bagi peserta didik, sebab peserta didik akan kesulitan untuk bergabung dengan lingkungan sekitarnya, sebab biasanya peserta didik yang menjadi game online player akan mencoba membuat kelompok sendiri dengan peserta didik lainnya yang juga merupakan game online player. Jika hal seperti ini terus dibiarkan maka peserta didik, khususnya remaja akan kesulitan dalam bermasyarakat saat peserta didik tersebut beranjak dewasa. Ini disebabkan karena tidak terpenuhinya secara optimal salah satu tugas perkembangan saat masa remaja yaitu pengembangan keterampilan komunikasi interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang lain, baik secara individual maupun kelompok (William Kay, dalam Syamsu Yusuf, 2008:72).

game online dapat membuat kesehatan para peserta didik menurun.
hal ini sangat mungkin terjadi, sebab bermain game online membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita bisa saja lupa waktu karenanya. Kita bisa saja lupa makan, lupa untuk berolahraga, dan melupakan kondisi fisik.
Margaretha Soleman, M.Si, Psi menerangkan bahwa kecanduan game online dapat memberi dampak buruk secara fisik yaitu individu dapat terkena paparan cahaya radiasi komputer yang dapat merusak saraf mata dan otak. Kesehatan jantung juga dapat menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main. Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga. Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga. Yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian.
Pada kesimpulannya, saya berpendapat bahwa game online tidaklah sepenuhnya berpengaruh buruk sebab terdapat juga pengaruh-pengaruh positif yang terdapat pada game online, namun ada baiknya jika kebiasaan bermain game online dibatasi dan hanya dilakukan sekedar untuk hiburan saja, sehingga cita-cita yang diimpiankan oleh para peserta didik tidak akan terbengkalai dan lenyap ditelan kesia-siaan.

Referensi :
Astutik,Sri. 2009. “Dampak Game Online” [online] tersedia:
http://ksupointer.com/2009/dampak-game-online. [27 oktober 2009]

Yusuf,Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung:PT.Remaja Rosdakarya Offset.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: