KEPRIBADIAN GANDA

Yani Handayani
PPB-A/2009
0901399

Tubuh sebagai dasar utama dalam kehidupan, maka segala analisa dan pemecahan masalah yang timbul selalu dimulai dari penelitian fungsi organ-organ di dalam tubuh. Walaupun pengetahuan ilmiah telah berkembang dengan cepat tetapi para ahli ilmiah masih mengakui adanya pengaruh unsur diluar tubuh seperti pikiran, kepribadian, karakter, sifat-sifat, pembawaan. Manusia adalah makhluk yang unik tidak ada yang mempunyai kepribadian sama persis, meskipun anak yang terlahir kembar identik.
“Kepribadian berasal dari bahasa latin : persona yaitu satu istilah yang mengacu pada gambaran sosial tertentu yang diterima oleh individu dari kelompok atau masyarakatnya, individu tersebut diharapkan bertingkah laku berdasarkan  atau sesuai dengan gambaran sosial yang diterimanya.” (Koswara, 1991:10).
Gordon Allport, merumuskan kepribadian adalah “Organisasi dinamis sistem psikofisik dalam diri individu yang menentukan karakteristik perilaku dan pikirannya.”
Ada dua jenis kepribadian yaitu kepribadian sehat dan kepribadian kurang sehat. Kepribadian sehat merupakan dambaan tiap individu karena tidak ada seorangpun ingin dikatakan sakit kepribadiannya. Adapun karena faktor-faktor tertentu individu menjadi pribadi yang kurang sehat, salah satu kepribadian yang tidak sehat yaitu kepribadian ganda. Mungkin sebagian dari kita ada yang masih bingung tentang kepribadian ganda, bahkan mungkin ada yang sama sekali belum mengetahui tentang kepribadian ganda, maka disini akan dibahas mengenai kepribadian ganda.

Apa itu Kepribadian Ganda?

Manusia terdiri dari tiga system psikologis, diantaranya adalah ID, EGO, dan SUPEREGO. ID merupakan dorongan-dorongan, hasrat, dan semacamnya. Superego merupakan nilai-nilai, norma, dan aturan yang berlaku dan dipahami. Sedangkan ego adalah kontrol diri seseorang dalam menghadapi masalah. Dari ketiga sistem tersebut, kepribadian ganda dapat muncul jika ego yang dimiliki seseorang telah rusak. Suatu waktu , seseorang yang ego-nya telah rusak tidak sadar akan posisinya pada waktu tertentu.
Kepribadian ganda pertama dikenali sekitar abad ke19 dalam sebuah review literatur, Sutcliffe dan Jones mengidentifikasi 77 kasus, dan rata-rata terlapor dalam periode antara 1890-1920. Setelah itu, laporan tentang kasus pribadi ganda ini menurun sampai tahun 1970 yang kemudian meningkat lagi. Pemecahan kepribadian atau sering juga disebut kepribadian ganda, atau juga lebih terkenal dengan nama alter ego merupakan suatu keadaan dimana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain.
Menurut Issaquah kepribadian ganda dalah kepribadian seseorang yang berusaha menghibur diri sendiri dengan menciptakan kepribadian lain yang dapat menampung semua perasaannya. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau beberapa pribadi sekaligus. Kadang penderita tidak menyadari bahwa dirinya berkepribadian ganda, dua atau beberapa pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi beberapa kepribadian ini saling bertolak belakang.

Penyebab Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda dapat disebabkan oleh peristiwa traumatik yang dialami oleh seseorang pada usia kanak-kanak, biasanya antara 4-6 tahun. Trauma itu bisa disebabkan oleh kekerasan fisik atau seksual yang parah (abuse). kekerasan ini menyebabkan terpisahnya dan terbentuknya alter sebagai pelarian dari trauma. tapi berhubung tidak semua orang yang mengalami kekerasan semasa kecil menderita pribadi ganda, maka kemudian dikatakan bahwa mungkin ada hal lain yang hadir di antara mereka yang menderita pribadi ganda, ada satu ide yang mengatakan bahwa tingginya hypnotizability (mudahnya seseorang dihipnotis berarti orang itu mempunyai tingkat sugesti yang tinggi) mempermudah pembentukan alters melalui self-hypnosis. Ide lain adalah, orang yang menderita pribadi ganda sangat mudah atau cenderung terlibat dalam fantasi.
Menurut Universitas Kedokteran Hanover di Jerman, bermain game di internet secara berlebihan dengan menggunakan personalitas rekaan dapat menyebabkan gangguan kepribadian ganda. Jadi pribadi ganda sebenarnya bukan merupakan sifat fitrah manusia karena penyakit pribadi ganda disebabkan oleh faktor luar diri manusia.

Contoh Kasus

Sebuah Universitas di Jeman meneliti seorang pasien wanita yang telah bermain games di internet selama beberapa jam sehari dengan periode lebih dari tiga bulan dan menggunakan berbagai personalitas dari sejumlah tokoh-tokoh rekaan secara lambat laun mengambil alih personalitas yang telah diabaikan. Pasien tersebut kehilangan kendali atas identitas dan kehidupan sosial miliknya sendiri, kata Bert de Wildt dari Universitas itu seperti dilaporkan DPA dalam psikoanalisis para ahli terapi menemukan pasien wanita itu telah berkembang menjadi berkepribadian ganda.
Adapun seseorang yang bernama Billy, nama aslinya William Stanley Milligan dia memiliki 24 kepribadian, dia adalah orang pertama dalam sejarah Amerika yang dianggap tidak bersalah atas berbagai tindak kriminal serius dengan alasan tidak waras, karena dia memiliki kepribadian majemuk. Dia tidak pernah ingat tindak kriminal yang dilakukannya. Orang lain melihat fakta-faktanya memang dia yang melakukan, tetapi Billy tidak pernah ingat dan tidak pernah merasa.

Usaha Penanganan Pribadi Ganda

Kepribadian ganda biasanya bermula dari saat kecil, tapi jarang ter-diagnosa sampai saat dewasa. Penyakit ini jauh lebih rumit dibandingkan penyakit kepribadian yang lain, dan kadang tidak bisa disembuhkan secara total. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Cukup sering penyakit ini disertai penyakit lain, misalnya depression, borderline personality disorder, dan samatization disorder. Penderita juga biasanya mengalami sakit kepala, substance abuse, fobia, halusinasi, percobaan bunuh diri, begitu juga dengan gejala dissociative lainnya seperti amnesia dan depersonalization.
Orang di sekitar penderita kepribadian ganda dibuat bingung oleh tingkah laku si penderita yang selalu berubah-ubah. Pada akhir kasusnya, penderita kepribadian ganda bisa disatukan kembali menjadi satu kepribadian yang utuh meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan dibantu oleh seorang psikiater handal.
Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu:
1. Kuatkan niat untuk mempunyai kepribadian utuh
2. Introspeksi diri dengan memilih dan memilah kepribadian mana yang baik
3. Cobalah sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan buruk
4. Teratur berkonsultasi dengan psikiater
5. Santai dan yakinlah bahwa kepribadian utama adalah kepribadian baik

Kesimpulan

Keribadian ganda adalah suatu penyakit kelainan kepribadian yang tidak sehat namun tidak dapat dikatakan gila sebab orang yang berkepribadian ganda masih bisa berfikir logis dan masih sadar akan lingkungannya. Penderita tidak dapat mengontrol dirinya karena ada kepribadian lain yang ada dalam dirinya yang bisa tiba-tiba muncul dan tidak disadari oleh pribadi utamanya. Kasus kepribadian ganda saat ini tengah diteliti oleh para ahli. Orang yang berkepribadian ganda ada yang dapat disembuhkan dan adapula yang tidak, itu tergantung dari faktor internal dan eksternal penderita, bila penderita berkeinginan kuat untuk berubah dan lingkungan mendukung bias saja penderita sembuh total dan menjadi normal kembali. Berhati-hatilah karena orang yang berkepribadian ganda sering tidak sadar bahwa dirinya menginap penyakit tersebut, bisa saja kejadian ini ada disekitar kita.

Referensi

Welldan, 2008. “Kepribadian Ganda”. [online]. Tersedia : http://welldan.web.ugm.ac,id. [27 Oktober 2009]
Sujanto,dkk. 2006. “ Psikologi Kepribadian”. Jakarta: Bumi Aksara
Koeswara, E. 1991. “Teori-teori Kepribadian”. Bandung: Eresco

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: